Liburan Impian Bareng Adik

09.29

“Being Brother & Sister means being there for each other”.

Kalau dipikir-pikir, selama ini kalau travel, aku lebih sering jalan sama teman-teman. Teman kuliah, teman kantor, teman les, atau temen main. Kayak misalnya waktu naik gunung ke Merbabu tahun lalu itu. Itu juga bareng sama teman. Pernah juga solo travel, tahun 2012  semingguan sebelum wisuda. Tapi belum pernah travel berdua doang sama si Kiki, adikku. Padahal aku dari dulu kepingin banget ngajak dia jalan entah kemanaa gitu. Tapi ya gituu… tiap kali mau travel bareng tuh ada aja halangannya. Yang kita sibuk kuliah lah, kerja lah, dll dll. Nggak bisa bisaaa. Mau jalan bareng ke Malang yang cuma butuh waktu sekitar 3 jam dari Surabaya aja nggak jadi-jadi. Lama-lama sebel juga kannnn…

Rencana terbaru (yang kemudian gagal juga) kemarin, aku sama adikku pengen ke Jogja bareng pas dia libur semester. Tapi ternyataaa… dia harus ambil magang di semester ini. Sudah gitu jadwal magangnya 2-3 bulan pulak. Otomatis dia udah nggak punya sisa waktu libur lagi sampai libur kuliah usai. Sedang di semester berikutnya dia udah harus KKN dan siap-siap mulai nyusun skripsi. Jadi kapan kita liburan barengnyaa donggg?

Kalo dipikir-pikir kasihan juga sih yaa dia. Apalagi dia udah lumayan lama nggak liburan juga. Makanya aku pikir, sebelum nanti dia makin sibuk sama skripsinya, aku mau ngasih dia kejutan buat liburan bareng. Tapi kenapa sih aku ngebet harus banget liburan bareng sama saudara?
  • Aku sama dia tuh jarang ngumpul. Meski sama-sama tinggal di Surabaya, tapi kami ngekosnya pisahan.
  • Kami sama-sama tau buruknya masing-masing, tapi bukannya jadi makin akur dan tau diri, kami tuh malah sering banget berantem. Dikit-dikit berantem. Olok-olokan dikit, terus jadi gondok-gondokan. Makanya aku pengen banget liburan bareng sama dia. Biar bisa sama-sama ngontrol emosi kalau lagi bareng. Atau kalau udah mentok nggak bisa ngontrol emosi, bisa sekalian tinggalin dia gitu aja di kota orang. *evil laugh*
  • Aku percaya sama dia. Meski dia lebih muda 7 tahun dari aku (yawlaaa… keliatan banget aku udah tua), tapi dia bisa banget jaga rahasiaku and I can count on her. Dia bisa tiba-tiba cerewetnya ngalahin ibuku.
  • Because… she is my sister.
Rencana liburan ini cukup istimevvah buat aku. Makanya itu aku juga pengennya nggak asal-asalan. Aku pengen, kami punya kenangan liburan yang benar-benar berkesan. Lalu, ke mana aku mau ngajak dia liburan?

Ke Labuan Bajo!

Yes!

Labuan Bajo!

Kami sama-sama belum pernah ke luar Jawa, belum pernah liburan jauh. Aku juga udah lama banget ngiler pengen ke sana gegara sering liatin foto teman-teman yang seliweran di Instagram. Makanya itu, sekalinya punya kesempatan, aku beneran pengen ngajak dia ke sana.

Kapan?

Akhir tahun ini!

Hahahaha. Masih lama sih.  

photo by: discoveryourindonesia
Lalu, apa aja yang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk liburan ini?

1. Hunting tiket & akomodasi
Akhir tahun memang masih lama sih. Tapi demi mendapatkan harga minimalis terbaik, nggak ada salahnya kan nyari dari jauh-jauh hari? :)

Maka aku buka-buka website maskapai serta beberapa situs penyedia jasa pemesanan tiket dan penginapan. Dari situ kemudian aku baru tahu, kalau ternyata kita bisa langsung pesan tiket transportasi & akomodasi dalam satu paket. Iya loh beneran satu paket. Kita tinggal masukin aja dari mana - mau ke mana, tanggal berapa, berapa orang, sama mau nginep berapa lama. Lalu semuanya secara ajaib langsung muncul dengan lengkap pilihan tiket pesawat serta hotelnya. Gampang banget kayak gini….

Eh, serius bisa? Lewat apa? Pesan di mana?

Di traveloka.
 
Waah… kalau bisa langsung pesan dalam satu paket gini jadi gampang dan menghemat waktu banget kan? Udah nggak perlu lagi loh lama-lama nyari dan pesen satu per satu. Udah gitu ada banyak banget lagi pilihan hotelnya dengan macem-macem harga dan fasilitas. Bisa juga disesuaikan dengan keinginan dan budget kita. 


Karena pilihannya cukup banyak dan beragam, aku jadi bisa bandingin satu per satu. Misalnya seperti aku pengennya nyari hotel yang suasana dan interiornya kayak gimana, lokasinya di mana, ada pemandangan apa yang bisa dinikmatin dari hotelnya, dll. Review dari pengunjung juga bisa dilihat di sana. Jadi nggak kayak beli kucing dalam karung kan?

Dan setelah lihat-lihat pilihan hotelnya, aku akhirnya pilih hotel ini…

bisa ganti kamar juga. jadi aku pilih yang ocean view aja lah…
Aku pilih hotel itu gara-garanya tergoda sama kolam renangnya yang ngadep laut donggg…

Kan asik ya kalau sore-sore renang di situ sambil menikmati sunset. Hihihiii….

Sudah dapat tiket pesawat dan hotel, kemudian tinggal isi data dan proses pembayaran. Wow! Ini prosesnya mah gampang bangett. Pilihan pembayarannya juga macem-macem, nggak cuma lewat transfer atau credit card doang. Kalau lihat di list pilihan pembayarannya sih, kayaknya ke depannya juga bakal bisa bayar lewat Indomaret sama Alfamart nih. Jadi makin gampang banget kalau mau transaksi lagi.

Sudah gitu karena sebelumnya udah sempet lihat-lihat harga kalau pesan tiket pesawat dan hotelnya secara terpisah, waktu lihat total tagihan akhir sebelum pembayaran, ternyata kalau pesan dalam sepaket gini harganya jadi lebih murah dibanding waktu pesan tiket dan hotel secara terpisah. Senang bangettt nih! Mayan kan selisih uangnya itu bisa dipake buat tambahan beli oleh-oleh :D


Ini buat teman-teman yang juga punya rencana liburan, bisa coba juga loh booking tiket & hotel dalam satu paket kayak aku gini di sini. Kemungkinan kalian juga bakal seneng ngerasain kemudahan kayak gini. Bisa menghemat waktu, gampang, lebih murah dibanding pesan secara terpisah pula! Cobain deh.

2. Ijin Cuti
Udah beres urusan tiket dan akomodasi, selanjutnya aku juga kudu siap-siap ajuin cuti dari jauh-jauh hari. Soalnya biasanya kalau menjelang akhir tahun dan tahun baru gitu kan teman-teman yang lain juga mungkin pada mau liburan kan? Jadi biar nggak nyusahin orang, dan iji cutinya di-acc, aku kudu segera ngajuin ijin cuti jauh-jauh hari nih.

Hemmm… rencana liburan sama si adek akhirnya udah disusun dari jauh-jauh hari. Semoga aja nanti gaada halangan mendadak yang bikin rencana liburan jadi berantakan. Kira-kira teman-teman ada saran nggak ya gimana biar rencana liburan ini nggak gagal?

You Might Also Like

0 comments