Selain Paspor, Ini Kelengkapan Yang Perlu Disiapkan Untuk Umroh

20.04



Barangkali ada teman-teman yang akan Umroh, selain paspor dan visa Umroh, ada beberapa persyaratan dan kelengkapan yang harus disiapkan. Langkah-langkahnya kurang lebih seperti ini...

1. Setelah daftar Umroh melalui agen travel, biasanya kita bisa minta surat rekomendasi untuk pembuatan paspor. Surat rekomendasi ini bisa minta 2 lampiran. Yang pertama untuk diajukan ke Depag, yang kedua untuk kantor imigrasi.
NB: Kalau sudah punya Paspor, mungkin bisa abaikan langkah ini ya..

2. Surat rekomendasi dari travel ini tujuannya untuk memudahkan. Karena saat pembuatan paspor dengan tujuan untuk Umroh, biasanya akan diminta surat rekomendasi dari Depag (dan atau travelnya).
Nah, kalau nggak ada surat rekomendasi dari travel yang kita ikuti, kita juga nggak bisa minta surat rekomendasi dari Depag. Jadi pastikan sebelum ngurus bikin paspor online (bisa dibaca caranya di sini), sudah punya surat rekomendasi dari travel dan Depag dulu yaa.

3. Kalau untuk Umroh dan Haji, biasanya akan ada lembar penambahan nama untuk yang nama aslinya kurang dari 3 kata.

paspor yang atas itu punyaku. karena namaku udah terdiri dari 3 kata, jadi nggak perlu ada penambahan nama lagi

Nah, kayak di foto atas, Jadi di halaman 4 nantinya, akan ditulis penambahan nama yang dibutuhkan untuk syarat Umroh. Penambahan nama ini biasanya diambil dari nama Bapak kita.

4. Setelah paspor selesai, kita harus daftar imunisasi. Daftar imunisasi pun sekarang harus melalui online di sini. Isi data-datanya secara lengkap di sana dengan jenis permohonan Meningitis Meningokokus.

5. Bukti pendaftaran imunisasi akan dikirim ke email. Cetak bukti tersebut dan bawa waktu datang imunisasi ya. Kalau udah imunisasi, nantinya bakal dapat buku kuning sebagai bukti hasil imunisasi.


6. Nggak semua puskesmas atau Rumah Sakit bisa ngasih Imunisasi Meningitis ini. Kayaknya sih cuma Puskesmas Pelabuhan atau dekat Bandara aja yang bisa. Untuk area sekitar Surabaya sendiri nanti bisa pilih KKP Surabaya, lalu pilih area terdekat. Ada 5 tempat yang bisa dipilih, di Pelabuhan Tanjung Perak, Bandara Juanda, Pelabuhan Laut Gresik, Pelabuhan Laut Kalianget dan Pelabuhan Laut Tuban.

7. Biaya untuk Imunisasi Meningitis Meningokokus ini sekitar 305.000,-. Nanti bayarnya langsung di tempat waktu datang buat Imunisasi. Buat perempuan yang usianya dalam usia produktif (yang kemungkinan hamil), nanti bakal ada tes urine juga sebelum dikasih vaksin.

8. Imunisasinya paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan Umroh ya. Dan imunisasi itu nantinya masih bisa berlaku sampai 2 tahun. Jadi kalau belum 2 tahun dan mau Umroh lagi, udah nggak perlu imunisasi lagi.

ada keterangan bulan dan tahun berakhirnya masa imunisasi di dalam buku kuning
9. Setelah imunisasi selesai dan dapat buku kuning ini, langkah selanjutnya adalah bikin Visa Umroh. Nah, biasanya Visa Umroh ini ada fasilitas dibantu pembuatannya dari pihak travel. Jadi kita tinggal serahin paspor dan bukti imunisasi aja buat diurusin Visanya.

10. Setelah itu kita tinggal persiapan fisik, hati dan perbekalan buat berangkat Umroh deh.

-----

Mudah-mudahan semua amal ibadah Umroh kita diterima sama Allah ya. Mudah-mudahan juga kita diberi kesempatan bisa berkali-kali ibadah di Tanah Suci dengan sebaik-baiknya bersama orang-orang tersayang. Amiin amiin amiin....

You Might Also Like

0 comments