Curhat Tentang Pertemanan

10.48

Photo by Matheus Ferrero on Unsplash


Dulu, aku tipe orang yang gampang nganggep seorang teman sebagai sahabat. Ibarat saking gampangnya, nggak perlu kenal lama, begitu udah ngobrol beberapa kali dan nyambung, kemudian beberapa kali main bareng, aku pasti udah langsung nganggep dia sebagai sahabat. Cowok atau cewek. Dan karena udah nganggep sebagai sahabat itu, aku jadi suka lupa diri, dan cerita semua hal ke mereka. Aku mikirnya, karena sahabat jadi pasti bisa nerima apapun kurangnya aku, nggak bakal ngebongkar aibnya aku, dan sebaliknya bakal nganggep aku sahabat juga. Yaah.. mungkin karena masih jadi anak sekolahan juga, jadi rasanya kayak seneng campur bangga aja gitu punya banyak sahabat.

Waktu berlalu, sampai kemudian aku ‘ngeh’ kalau ternyata, nggak semua teman itu bisa dianggap atau dijadikan sahabat. 

Jenisnya macem-macem. Mungkin ada yang cuma sekedar jadi teman main, teman kerja, teman belajar, teman makan atau lainnya. Yang pada intinya, nggak semuanya adalah sahabat. Iya nggak sih?

Pernah satu kali, waktu masih sekolah, aku dimusuhin sama teman yang udah aku anggep sahabat bangett. Kita udah sahabatan dari SMP. Waktu masuk SMA, kita juga masih sahabatan deket kayak sebelumnya. Sampai kemudian, (ini perumpamaan aja yaa) aku jadi pengurus OSIS. Dan karena jadi pengusus OSIS ini, si sahabatku tadi tiba-tiba ngejauh dan musuhin aku. Perlakuannya ke aku benar-benar berubah dan beda banget dari sebelumnya. Waktu itu awalnya aku nggak paham kenapa dia berubah. Sampai kemudian aku ajak dia ngobrol dan tanya-tanya, akhirnya dia ngakulah kalau males temenan sama aku lagi karena aku jadi pengurus OSIS. Karena menurut dia, detik ketika aku jadi pengurus OSIS, dia udah kehilangan teman dekatnya. Teman yang bisa diajak main ke mana aja kapan aja. Teman yang bisa diajak bandel dan kabur-kaburan dari sekolah. Karena begitu aku jadi pengurus OSIS, itu artinya aku jadi anak baik dan rajin yang nggak bakal bisa bandel, bolos, atau main sesuka hati. 

Rasanya hati aku potek waktu denger alasan itu.

Seolah aku udah ngelakuin dosa paling besar yang nggak termaafkan, sampai udah nggak layak lagi dijadikan teman, dan patut dikubur hidup-hidup. Padahal dia sahabat yang paling deket sama aku waktu itu. Jadi rasanya bener-bener sakitt bangettt, lebih dari sakitnya putus sama pacar. (ya lah kan nggak punya pacar. Lol).  Padahal, jadi pengurus OSIS juga bukan pilihanku sendiri. I mean, aku nggak ada daftar-daftar jadi pengurus loh waktu itu. Tiba-tiba aja kepilih, dan nggak bisa ditolak. Aku nggak bisa minta mundur dari kepengurusan. Jadi mau nggak mau, suka nggak suka, ya aku harus terima dikasih mandat kayak gitu. Terus gara-gara sesuatu yang bukan dari kemauanku, tiba-tiba aku harus kehilangan sahabat terbaikku waktu itu? Hidup rasanya nggak adil banget deh!

Berkat masa itu, kemudian aku jadi mikir-mikir ulang apa itu sahabat, apa itu teman.

Dan sejak itu, aku jadi membatas-batasi mana yang teman sekedar kenal, teman yang cukup akrab, teman akrab, sampai teman yang memang-super-duper-akrab-then-i-call-sahabat.

Ada teman yang meski udah beberapa kali jalan bareng, tetap hanya jadi teman yang cukup akrab, yang nggak bisa diceritain macem-macem hal rahasia. Jadi kalau ngobrol ya cukup tentang tema-tema umum aja. Misalnya tentang tempat wisata mana yang asik buat liburan, tempat makan mana yang makanannya lumayan enak tapi harganya murah, atau sekedar nge-ghibah-in artis yang lagi hits. 

Ada juga teman akrab yang lumayan bisa diajakin ngobrol lebih macem-macem lagi. Nggak cuma tentang tempat wisata mana yang asik buat liburan, tapi udah bisa ngobrolin rencana buat liburan bareng selama beberapa hari. Yang ngobrolnya udah bisa sedikit cerita tentang masalah hidup secara garis besar, bukan hingga ke akar-akarnya. Sampai titik itu, dan nggak lebih.

Tapi ada juga teman yang memang-super-duper-akrab-then-i-call-sahabat, yang bisa sama-sama ngobrol-ngobril macem-macem ABCD-Z balik lagi ke ABCD-Z lalu ke 1234-0. Yang bakal bikin nyaman dan nggak takut di-judge gimana-gimana, yang nggak bikin takut buka aib kemudian disebarin ke seantero jagad raya, yang tetep bakal selalu ada buat kita. Yang kalau misalnya aku bilang pengen beli tas harga puluhan juta, nggak bakal dinyinyirin kemudian dijauhin karena dianggap nggak bisa berempati sama dia yang baru kecopetan dompet harga ratusan juta. Yang bakal bisa menghargai apapun pilihan dan keputusan kita, dan tetap mendukung kita kapan pun. Lebih dari deodoran yang setia setiap saat.

Teman sejenis ini yang kemudian bikin aku mertahanin dia sebisa mungkin. Yang bikin aku akan berada di posisi yang juga selalu ada kapan pun untuk dia. 

Ada yang pernah bilang, orang yang kita tolong belum tentu akan mau menolong kita. Tapi orang yang mau menolong kita, akan selalu ada untuk menolong kita. 

Bener nggak, guys?

Belum tentu juga sih. HAHAHA.

Bisa jadi teman yang sebelumnya mau nolongin kita, lama-lama jadi bosan juga karena ngerasa terlalu sering direpotin.

Pernah suatu ketika, seorang teman lama yang akrab banget tau-tau berubah sikap. Kalau dichat, jawabnya singkat-singkat. Kalau diajak ketemu, pasti sibuk mulu. Entah beneran sibuk atau pura-pura sibuk untuk menghindar, aku juga nggak paham sih. Padahal dulu kami dekettt banget. Dia ini juga tipe orang yang selalu mau nolongin kalau dimintain bantuan. Jadi aku dulu sering banget ngandelin dia. Awalnya, aku sempat positif thingking. Mungkin dia emang lagi bener-bener sibuk sama kerjaannya, meski beberapa kali aku sukses mendapati foto-foto dia nongkrong atau main sama teman-temannya yang lain. Nggak cuma sama aku, sama satu teman kami yang lainnya juga dia berubah-dan-terkesan-menghindar kayak gitu. Karena saking susahnya itu, waktu dia ulang tahun, rencana kami untuk ngasih surprise party juga gagal. Lah gimanaaa, tiap diajakin ketemu selalu jawabnya nggak bisa. Mau disamperin ke tempatnya, juga bilangnya nggak bisa. Jadi yaudah, kami cuma bisa mikir mungkin kami udah bikin salah sama dia waktu terakhir kali ketemu. Mungkin dia udah lelah direpotin mulu sama aku…

Aku udah coba “ikhlasin” dia. Tapi ya gimanaaaa… namanya kehilangan teman baik, jadi rasanya kayak ada something-BIG-missing gituu…

Hemm, apa dari kalian ada yang juga pernah punya pengalaman tiba-tiba dijauhin teman baik tanpa tahu alasannya kenapa? Atau sahabat itu yang seperti apa sih menurut kalian?

Sekarang, idealisme-ku soal pertemanan, bukan lagi soal seberapa banyak aku punya teman. Tapi lebih ke seberapa berkualitas pertemananku. Seberapa banyak teman yang bisa dipercaya, yang mau ngingetin kesalahan, bukan yang tiba-tiba menjauh tanpa ngasih tau alasannya.

You Might Also Like

2 comments

  1. selalu ada cerita2 sangat personal tentang pertemanan
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  2. Tipsnya gampang. Jangan mikir apa2 dulu Ni....berbaik sangka aja. Ntar Insya Allah ditemuin yang baik juga lho. Yakin aja

    BalasHapus