3 Telaga Cantik di Dataran Dieng

16.44

Mungkin jika saja kita memilih wisata ke Jawa Tengah pasti akan lebih memilih Yogyakarta sebagai destinasi tujuan wisata selama liburan. Namun, ada suatu kawasan di Jawa Tengah yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, bernama Dieng, yang menawarkan berbagai keindahan wisata telaga di dalamnya. Ada beberapa telaga yang menarik untuk kita pikirkan sebagai tempat pariwisata selanjutnya.

Telaga Warna Dieng

Belum pas rasanya saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng, tanpa mengintip sedikit ke Telaga Warna yang mempesona ini. Telaga Warna di Dieng Pleatau ini menawarkan keindahan yang tidak bisa diungkapkan bagi kata-kata. Terletak di ketinggian 2000 mdpl, menjadikan telaga ini teduh dan menyatu dengan pemandangan hamparan bukit yang hijau disekitarnya. Lokasi telaga ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Telaga ini memiliki suatu ciri khas yang berbeda dibandingkan telaga atau waduk lainnya yang berada di Dieng. Menurut rumor yang berhembus diantara masyarakat Dieng, dahulu kala adanya sebuah cincin milik bangsawan yang tercebur mengakibatkan air ini dapat memiliki beraneka ragam warna. Namun menurut paparan para ahli, warna dalam air telaga ini dapat berubah akibat fenomena kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan proses perubahan alamiah ini. Perubahan warna itu bermacam-macam dari warna merah, ke hijau, kemudian biru lalu putih dan kekuningan. Fenomena alam ini diakibatkan oleh paparan sinar ultra violet yang kuat membiaskan permukaan telaga yang mengandung sulfur sehingga menghasilkan warna-warna yang disebutkan.

Saat kita berjalan menelusuri dua jalur bercabang di telaga ini, tolehlah ke sebelah kanan, maka kita akan menyaksikan keindahan jernihnya telaga warna yang berdampingan dengan Telaga Pengilon disampingnya. Di sepanjang jalan setapak, kita akan menemui beberapa goa dalam perjalanan menuju telaga, yakni goa Semar, goa Sumur, goa Jaran serta Batu Tulis. 

Ada sebuah tempat menarik saat kita harus berjalan kaki menuju lokasi Telaga ini, yakni Batu Ratapan Angin. Memang kita harus bersusah payah dulu dengan sedikit mendaki saat menuju lokasi ini dengan memakan waktu tempuh 15 menit ke puncak bukit Sidekeng, demi mencapai dua buah batu ini. Namun ketika kita telah sampai di puncak, semua rasa lelah kita akan terbayarkan. 

Kita bisa bersantai sejenak di atas batu ini sembari menikmati sejuknya angin yang menerpa tubuh. Jika kamu seorang fotografi atau memiliki hobi berfoto-foto, lokasi batu ratapan ini merupakan spot yang sangat pas. Karena mata kita akan diremajakan dengan hamparan hijaunya pepohonan yang menyatu selaras dengan warna Telaga Pengilon dan Telaga Warna. 


Harga tiket masuk lokasi ini berkisar Rp 5.000 bagi hari biasa dan untuk turis di kenakan Rp 100.000 per-orangnya. Bagi yang berkunjung pada hari libur, tiket masuknya berkisar Rp 7.500 dan bagi turis Rp 150.000 per-orangnya. 
sumber: teeko.com

Telaga Pengilon

Wisata kita akan terasa kurang begitu lengkap jika tidak mengunjungi telaga yang tepat berada disamping telaga warna ini. Meskipun berdampingan dalam satu lokasi dengan telaga Warna, namun kita akan menemukan suatu keunikan dibalik nama telaga ini. Masyarakat setempat menemainya Pengilong yang berarti cermin. Ini dikarenakan permukaan air di telaga ini jauh lebih jernih layaknya sebuah cermin, jika dibandingkan dengan telaga warna yang mempunyai kandungan sulfur dan endapan lumpur di bawah permukaan telaganya.

Telaga ini memiliki pemandangan yang sama indahnya dengan telaga warna, adapun pepohonan, perkebunan dan pertanian yang digarap oleh penduduk menjadi satu persatuan yang selaras bagi siapapun yang memandangnya. Memberikan sebuah ketenangan tersendiri dari kepenatan rutinitas dan kebisingan kota tempat kita tinggal.

Karena lokasi yang berdekatan dengan telaga warna, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menikmati keindahan telaga ini dari dekat. 

sumber: diengplateu.com

Telaga Merdada

Sepertinya wisata air di Dieng ini menjadi nilai tambahan tersendiri bagi daya tarik wisatawan dalam negeri maupun luar untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang beragam. Telaga yang satu ini tidak kalah indahnya di bandingkan kedua telaga yang telah di sebutkan sebelumnya. Telaga ini berlokasi di Desa Karang Tengah yang memiliki jarak 5 km dari Dataran Tinggi Dieng.

Keindahan wisata alam Dieng tak terbantahkan lagi. Hal ini sukses dibuktikan dengan kekayaan wisata alam yang berupa telaga yang menegakkan nama Dieng dipelosok penjuru negeri. Telaga merdada sebutan bagi telaga terluas ini. Destinasi wisata Dieng menuju telaga ini merefleksikan sebuah bentuk menyerupai kaldera bekas letusan dahsyat dari Gunung Berapi lalu keluarlah air yang menggenanginya. Kontur dari bekas vulkanik ini dapat terlihat dengan sangat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

Telaga ini selain dimanfaatkan sebagai pusat wisata oleh penduduk juga dimanfaatkan sebagai sumber pengairan bagi pertanian mereka. Bahkan kadang kala aktifitas memancing juga dilakukan oleh penduduk demi memenuhi kebutuhannya. Untuk harga tiket masuk telaga ini dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per-orang. 

sumber: ndahsaja.com
Setelah anda puas berkeliling dan menikmati keindahan juga kemegahan alam Dieng, anda bisa menemukan hotel juga penginapan berbintang di lokasi dekat wisata ini atau jika anda tidak ingin repot-repot dalam pemesanan hotel, anda bisa memesan langsung ke website yang menyediakan jasa traveling dan pengerusan hotel seperti Traveloka misalkan.

You Might Also Like

0 comments