Kota Tua Jakarta - Napak Tilas Atau Belanja?

17.36

Sejak tinggal aku di Jakarta beberapa minggu ini, setiap weekend -hampir- selalu dan selalu menghabiskan waktu bareng gank tri idiot, fazza dan triant. Kerjaannya apalagi kalau bukan cuma jalan-jalan gak jelas atau nongkrong sambil menggosip dengan ditemani 1 gelas cappuchino cincau (biasanya kami sebut CapCin). Yaaah..kebetulan kami bertiga demen sama cappuchino cincau, dan tempat favorit kami -yang mulai terasa membosankan buatku- adalah di Blok M Square.

Bermula dari ajakan Fazza yang lebih dulu mendengar tentang Kota Tua dan rasa penasarannya yang menular ke aku, akhirnya weekend kemarin (Sabtu, 04 Mei 2013) tujuan meng-geje kami adalah Kota Tua Jakarta. Pengen tau gimana wujud Kota Tua Jakarta. Apa yang membuat beda Kota Tua Jakarta dan Kota Tua Gresik?

Sabtu pagi, heboh lah kami bertiga berkomunikasi untuk trip hari itu. Karena menurut yang Fazza dengar, suasana di Kota Tua Jakarta lebih bagus kalau sore hari. Sedang Triant, tiba-tiba saja SMS ngajakin ke Blok M Square. Ditanya mau ngapain, jawabannya "Pengen beli Es CapCin". Nahloh penting banget kan?!  -_____-
Oke, akhirnya diputuskan ke Blok M Square terlebih dahulu baru sore harinya kami ke Kota Tua.

Untunglah, ternyata dari Blok M ke Kota Tua transportasinya cukup mudah. Tinggal pake busway sampai stasiun kota, dengan biaya 3.500 rupiah saja. Setelah itu cukup jalan kaki sebentar dari Stasiun Kota ke Kota Tua.

Begitu sampe di Kota Tua, aku sedikit kaget.
Bangunannya memang bangunan tua. Tapi... ada apa dengan suasananya? Di jalan setapak Kota Tua kenapa isinya kebanyakan pedagang kaki lima? Mulai dari berjualan baju, sepatu, macam-macam aksesoris, jasa foto hingga tukang ramal. Tidak seperti di tempat-tempat tujuan wisata biasanya, para pedagang disini menjual barang dagangannya dengan harga yang cukup murah. Lumayan memang kalau mau berbelanja.

Aku sendiri melihat beraneka barang yang bisa aku dapatkan dengan harga murah, jujur saja langsung tergoda. Lapar mata. hahahaa.
Tapi balik lagi ke tujuan awal, tujuan ke Kota Tua mau ngapain? Jalan-jalan untuk belanja atau napak tilas?

pedagang di sisi kanan-kiri jalan

Salah satu sudut Kota Tua Jakarta

Ice Cream teman nongkrong Tri Idiot di Kota Tua Jakarta
Memang benar kata Faza, suasana di Kota Tua Jakarta memang sepertinya paling seru di Sore hari menjelang malam atau malam hari. Bukan di pagi atau siang hari.

Kita bisa nongkrong sore sambil menikmati eskrim dan menyaksikan beragam aktivitas di Kota Tua.
Ada yang menggunakan jasa rental sepeda-sepeda cantik lengkap dengan topi warna-warni yang match dengan warna sepeda, foto-foto dengan model-model dadakan yang disediakan disana seperti model dengan pakaian ala pengantin wanita belanda, tentara yang tubuhnya di cat penuh warna, atau sekedar duduk-duduk menanti senja.


Sepeda warna-warni yang disewakan untuk keliling kota tua
Sayangnya, suasana menyenangkan di Kota Tua harus rusak karena banyaknya pengemis dan pengamen yang beroperasi. Mulai dari pengamen tunggal, kelompok remaja sampai anak-anak. Menyebalkan bukan kalo hampir tiap 3 menit selalu ada pengamen yang nyamperin? *sigh*

sayang sekali anak sekecil ini sudah belajar ngamen
Hampir selalu ada 1 bangunan yang paling istimewa dibanding yang lain bukan?
Kalau di Kota Tua, bangunan tersebut adalah Museum Sejarah Jakarta yang dulunya adalah balai kota Batavia, kantor gubernur jendral VOC.

Museum Sejarah Jakarta

Suasana Sore di sekitar Kota Tua Jakarta


Ngeksis bareng Faza dulu lah ^^
Tempat pensil oleh-oleh dari Kota Tua Jakarta
Jadi seperti itulah ternyata Kota Tua Jakarta. Sedikit berbeda dengan Kota Tua Gresik :)
Tripria : Kota Tua Jakarta - 04 Mei 2013 Slideshow: Niyasyah’s trip to Jakarta was created with TripAdvisor TripWow!

You Might Also Like

5 comments

  1. loh ada fotoku :D
    namaku znya satu :D
    nanti gak nongol di google :P

    BalasHapus
  2. Wow sekarang sudah pake domain sendiri (h)

    Btw, emang baru tahu Kota Tua Jakarta? Kayaknya hampir semua kota besar di Indonesia pasti punya daerah seperti ini kok. Di Jakarta sendiri sebenarnya banyak tempat menarik loh selain Blok M. Di Kota Tua sendiri ada banyak museum loh. Terus bisa lanjut ke Pelabuhan Sunda Kelapa, pemandangan sorenya keren di sana. Hunting foto human interest juga bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dongg *benerin jambul*

      belum sempat menjelajah kesana-sana bang. lain waktu harus disempetin kesana pasti :D

      Hapus
    2. Lagian enak kalau dapat temang segenk begitu, bisa ngirit biaya buat mbolang. Aku aja dulu tiap dinas ke mana-mana tak sempat-sempatkan mbolang, walau harus bayar dewe segala biayanya :)

      Hapus