Luapan Merapi

09.51

Jum'at 05 November 2010

Beberapa hari ini di berbagai media santer dengan berita bencana alam yang terjadi di indonesia. Bencana terjadi dimana-mana. Salah satunya Gunung Merapi. Salah satu gunung terbesar di indonesia.
Letusan gunung merapi dan hujan abu di sekitar jogja rupanya sangat membahayakan nyawa warga disana. Debu tebal beterbangan hingga menutupi jalan raya, mobil, rumah dll. Sangat berbahaya di tengah lalu lintas dengan kondisi yang seperti itu. Kemungkinan terjadi kecelakaan lalu lintas cukup besar.
Belum lagi awan panas merapi yang cukup banyak menimbulkan korban. Tidak sedikit yang kena luka bakar karena awan panas merapi yang hampir tanpa jeda. Bahkan banyak yang meninggal dalam keadaan 'terbakar' awan merapi.

Mungkin aneh,
bahkan bisa dibilang sangat tidak masuk akal.
Tapi sempat terbersit di benak saya, rasanya pemerintah tidak bertindak cepat.
Apa tidak lebih baik kalau warga sekitar gunung merapi yang mungkin menjadi korban merapi diungsikan terlebih dahulu ke tempat yang aman selama beberapa waktu, setidaknya sampai merapi tak lagi mengamuk?!? Ke tempat yang agak jauh yang lebih aman dari petaka merapi. Setidaknya upaya tersebut mungkin akan sedikit mengurangi korban berjatuhan.

Memang akan susah, karena tak akan mudah mencari tempat yang mampu menampung orang sebanyak itu (mungkin hampir seluruh warga jogja). Namun, ini lah salah satu usaha untuk mengurangi korban berjatuhan.

Tapi ini sebatas pemikiran saya. Mungkin banyak hal lain yang harus dipertimbangkan.
Saya kurang tahu...

^^

(mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan)

You Might Also Like

0 comments