(Coba) Belajar Lebih Peka

00.50

Aku suka nulis. Dari dulu.

Persoalannya, aku sering sekali mentok ide. Bahkan mau nulis di blog aja, kadang gaada ide. Saking buntunya. Saking mentoknya.

Lalu ada seseorang yang bilang...

"Belajar lebih peka, deh!"

Awalnya sudah pasti aku tersinggung dongg! Ya kan kesannya kayak aku nih selama ini nggak pekaan banget orangnya. Jadinya jleb bangettt!

Tapi karena penasaran, aku coba beneran belajar lebih peka.

Iya, beneran belajar. 

Karena, aku nggak tau caranya biar bisa lebih peka.

Aku coba lebih banyak melihat. Lebih banyak mendengar. Lebih banyak merasa. Bukan pada hal-hal besar, bukan pada hal-hal penting (saja). Tapi juga pada hal-hal sepele. Pada hal-hal kecil, pada hal-hal remeh.

Lalu semuanya perlahan jadi lebih mudah. Lebih mudah menemukan ide, lebih mudah menulis, lebih mudah me(nemukan)rasa.

Seperti misalnya, memuji.

Kadang kita kesulitan memuji, karena merasa pujian hanya boleh untuk sesuatu yang besar, sesuatu yang hebat. Padahal ya gaada peraturannya. Gaada yang melarang kalau kita ngasih pujian untuk hal-hal yang kecil. Termasuk ke diri sendiri sekalipun.

Misalnya?

Ngasih pujian ke diri sendiri karena bisa makan tanpa tersisa. Ngasih pujian ke diri sendiri karena bisa bertahan sejauh ini. Ngasih pujian ke diri sendiri karena layak mendapat pujian.

Anyway, ternyata belajar lebih peka bagus juga untuk aku. Aku jadi bisa lebih banyak menulis karena banyak ide. Meski yaaa, banyakan nggak pentingnya :)))

You Might Also Like

0 comments