Detox Socmed

07.49

Kalau wajah aja butuh detox, tubuh dan jiwa juga butuh lho! Supaya racun-racun jahat yang kita sadari atau nggak, udah menggerogoti diri kita, bisa dikeluarkan. Ciyeeee...

Aku sendiri, lumayan cukup sering melakukannya. Bukan detox wajah, tapi lebih ke detox jiwa. Tapi kalau aku, hitungannya bukan tiap berapa bulan atau berapa waktu sekali detox-nya. Susah kalau harus ditentuin tiap berapa waktu harus detox. Menurutku ya! Jadi aku detox, saat aku ngerasa aku perlu detox. Udah gitu aja. Kalo misal belum sebulan aku udah ngerasa ada banyak banget racun, yaudah aku cari waktu 1-2 hari, kadang bisa lebih dari 2 hari juga, untuk detox. 

Contohnya, yang lumayan sering juga aku lakukan, detox gadget. Detox social media. Detox obrolan-obrolan kurang berfaedah yang justru jadi racun buat diri kita sendiri. I mean, ada obrolan nggak berbobot, tapi bikin kita bahagia. Karena -misalnya- isinya candaan ringan atau obrolan super random sama sahabat kita. Tapi ada juga obrolan unfaedah yang justru bikin muncul penyakit hati. Jadi yaaa... gitu deh. Skip yes. Gausah dicontohin kita masing-masing paham mana aja yang berpotensi bikin penyakit hati, mana yang nggak. Lalu kalau detox social media, aku biasanya log out semua sosial media, selama beberapa hari. Log out-nya ini sampai aku ngerasa "siap" menghadapi apapun yang ada di sosial media lagi.


Percaya nggak percaya, setelah beberapa kali detox sosial media, aku jadi nggak segitu mati gaya-nya kalau nggak main socmed. Padahal aku dulu itu orangnya social media addicted banget banget banget! Setiap ada sosial media baru, aku langsung buru-buru bikin, buru-buru main. Kalo udah gitu, aku bisa betah banget main socmed. Bentar-bentar ambil handphone buka socmed. Bentar bentar posting. Kalau nggak buka socmed, rasanya kayak "gatel" nggak tenang. Lalu parahnya... aku dulu nggak pernah ngerasa kalau yang kayak gitu itu "nggak sehat". Aku justru ngerasanya wajar aja aku kayak gitu. Aku blogger. Aku kudu main socmed karena kerjaan. Aku kudu rajin main socmed demi jagain konten dan lain-lain. Sampai kalau 15 menit aja nih nggak buka socmed, aku udah ngerasa nggak tenang. Duh. Parah ye kan? Aku mikir juga, kok aku main socmed bisa sampai segini kecanduannya yaa? 

Lalu aku coba seharian nyoba nggak buka socmed sama sekali. Awalnya berat. Beraattt bangettt. Serius. Rasanya gatelll banget pengen buka socmed lagi. Ada aja godaannya. Tapi meski susah payah, karena aku udah punya tekat kuat, aku akhirnya berhasil juga. Berhasil seharian nggak buka socmed. Tapi ya gituu... waktu ngelakuin percobaan pertama, aku nggak ngerasa dapat manfaat apa-apa dari detox socmed. Karena aku ngelakuinnya kayak masih setengah hati gitu deh. Masih gatel-gatel-kepo-penasaran pengen main socmed lagi. Jadi pertamanya bukan ngerasa lebih tenang, tapi justru ngerasa tersiksa. Tapi waktu itu aku mikirnya, "yaudah lah yaaa... namanya juga pertama, gapapa. nanti dicoba lagi. ini berhasil seharian nggak buka socmed udah oke kok.". Karena aku nggak buka socmed emang beneran diniatin nggak buka ya. Bukan nggak buka socmed karena terpaksa, lantaran lagi pergi ke daerah yang nggak ada sinyal internet, nggak punya kuota, kehabisan baterai hp atau alasan-alasan lain yang bikin nggak buka socmed karena terpaksa. Bukan. Tapi bener-bener nggak buka socmed padahal kondisinya memungkinkan untuk buka.

Lalu setelah jeda beberapa hari dari percobaan pertama, aku coba lagi ngelakuin detox socmed. Percobaan kedua aku target 2 hari. Sedikit lebih lama dari percobaan pertama. Hari pertama percobaan, aku masih susah payah nahan keinginan buat nggak buka sosmed. Lalu aku mikir, "Wah... kalau kayak gini sih percobaan kedua juga gak bakal ada bedanya sama percobaan pertama". Jadi aku nyari ide kira-kira kegiatan positif apa yang bisa aku lakukan buat mengalihkan pikiran biar nggak gatel pengen buka socmed mulu. Dan ternyata surprisingly, aku lebih enjoy di hari kedua. Aku ngelakuin banyak kegiatan, dan lebih bisa nikmatin waktuku, tanpa pengen buka-buka sosmed. Dari situ kemudian aku mulai sedikit bisa ngerasain gunanya detox socmed. Jadi aku coba-coba lakuin detox lagi. Lagi dan lagi. Sampai akhirnya saat ini, kalau lagi ngerasa butuh detox socmed, aku bisa ngelakuin detox tanpa nentuin bakal berapa hari nggak buka socmed. Se-ngerasa siapnya aja. Kalau udah 1 minggu tapi ngerasa masih butuh detox, yaudah lanjutin lagi. Tapi kalau baru 3 hari dan udah ngerasa siap buat main socmed lagi, yaudah main lagi. Gitu aja sih.

Yang ternyataaa... efek detox socmed ini beneran kasih pengaruh banyak banget ke aku.
  •  Aku jadi nggak sering-sering buka hp, kalau nggak terlalu penting. 
  • Nggak terlalu kecanduan sama smartphone. Bahkan pernah, selama beberapa hari aku nggak punya handphone, aku tetep tenang-tenang aja. Nggak kelimpungan. Nggak mati gaya.
  • Lebih banyak ngelakuin kegiatan positif. Sederhananya, lebih fokus sama kerjaan (yang alhamdulillah, kerjaan aku di kantor sekarang, bukan lagi ngurusin bagian sosial media), lebih banyak quality time sama orang-orang tersayang, lebih punya waktu buat merhatiin sekitar.
  • Lebih bisa nahan jempol biar nggak semua-muanya di post di socmed. Well, ada hal-hal yang memang perlu kita post, tapi ada juga yang nggak perlu kan? Batasannya emang rada abstrak sih. Yaa... balik ke menurut kita sendiri aja penting atau nggak nya.
  • Lebih bisa nyaring mana konten yang bagus buat dipublish, mana yang kurang bagus.
  • Nggak terlalu kepengaruh sama hidup orang lain yang aku lihat di medsos.

Nah... kali aja ada yang juga pengen nyobain detox socmed, aku punya beberapa tips yang kali aja bermanfaat
  • Ganti password socmed dengan password yang nggak biasa kamu pakai. Catet di file khusus, tapi yang kalau mau ngebukanya butuh usaha rada ribet. Jadi dengan begitu, waktu kita mau buka socmed, kita bakal males duluan karena harus ribet nyari-nyari password barunya apaan. Ini lumayan manjur sih kalau buat aku.
  • Waktu lagi detox kemudian tangan gatel pengen buka-buka socmed lagi, ingetin diri kita sendiri, apa tujuan awalnya pengen ngelakuin detox. Lalu pikir-pikir, kita udah dapat yang kita mau belum? Kalau belum, lanjutin lagi detoxnya.
  • Cari kegiatan yang positif buat ngalihin keinginan kita buat post di socmed. Nyobain kegiatan baru atau ngelakuin hobi lama yang udah cukup lama ditinggalkan, kayak misalnya baca novel. Dulu sering baca novel? Nah sekarang, masih sering baca novel nggak?
  • Banyak-banyakin quality time sama orang tersayang. Ngobrolin apa aja atau ngerjain sesuatu bareng-bareng.
  • Taruh ponsel di tempat yang nggak gampang dilihat mata atau dirasain keberadaannya. Misalnya, kalau biasanya nyimpen ponsel di saku celana, rok, atau baju, coba simpen ponsel di dalam tas. Kalau perlu di dalam bagian yang agak nyelip-nyelip tapi tetap aman dari kehilangan. Aku sendiri kalo lagi di rumah kumpul sama keluarga, sering set hp dengan mode silent lalu simpen di dalam laci meja. Jadi kalau ada chat, masih bisa masuk, tapi nggak bikin aku ngehabisin waktu buat pegang hp doang. Tapi sesekali tetep cek, kali-kali ada kerjaan atau hal yang urgent. Kalau gaada yang urgent, yaudah masukin laci lagi.
  • Kalau misal memungkinkan, nggak usah aktifin paket data atau matiin handphone sekalian. Ini rada ekstrim sih, karena bikin orang lain sama sekali nggak bisa ngehubungin kita. Jadi ini bisa dilakuin kalau menurut kalian memang benar-benar perlu aja dan nggak ganggu kerjaan atau komunikasi dengan orang lain.
Hihihii... ternyata lumayan panjang juga ya ini tulisannya. Padahal tadinya cuma mau nulis dikit doang. HAHAHAHA.

Yaudahlah yaaa... gitu aja deh.
Kalau menurut aku, detox socmed itu penting. Tapi ya balik lagi ke urusan masing-masing. Buat aku mungkin penting, tapi buat orang lain, mungkin nggak. Atau malah nggak bisa karena urusan kerjaan atau lain-lain. Jadi kalau kalian sendiri, detox socmed itu perlu nggak sih? Penting nggak sih? Terus kalau detox, kalian biasanya berapa lama? Ngelakuinnya seperti apa? Cerita dongggg! Ya mungkin aja kita bisa sharing bareng ^^

You Might Also Like

0 comments