Surabaya Snowcake - Oleh-oleh Kekinian dari Zaskia Sungkar

12.30

Surabaya akhir-akhir ini rame dengan “salju”. Iya, salju. Tapi bukan hujan salju kayak yang di luar negeri itu sih. Ini “salju”-nya dalam makanan, alias snowcake. Hahaha. Nggak lucu yak? Krik krik.

Surabaya snowcake –namanya- yang akhir-akhir ini memang jadi salah satu jajanan/oleh-oleh hits di Surabaya. Kalau ngeliat di media sosial, antrian pembelinya sampe luber kemana-mana. Panjaaaannggg. Cuma karena aku males ngantri, akhirnya mau beli snowcake juga ketunda-tunda mulu. Bisa sih sebenernya order pake go-food. Tapi kok aku kayak nggak tega gitu ya bikin kang driver-nya ngantri lama? Yha. Katanya juga ada yang dijual pake mobil keliling gitu. Cuma entahlah, aku belum pernah ketemu sih.

Lalu, beberapa waktu lalu, Surabaya Snowcake ini buka booth di Garuda Travel Fair Tunjungan Plaza. Ngelihat-lihat dari sosmed sih antriannya nggak sepanjang yang di outletnya (Jl. Flores No. 15) itu. Jadi waktu itu akhirnya bareng sama Mbak Irma, salah satu partner in crime-ku, yang kebetulan juga lagi di Surabaya, kami meluncur ke TP. Sekalian jalan-jalan.

Karena ini pertama kalinya mau nyobain cake ini, aku dan Mbak Irma sepakat beli satu kotak aja buat berdua. Jadi kalau rasanya nggak sesuai selera, itungannya nggak nyesel-nyesel banget. Iya, aku anaknya emang nggak mau rugi. Lol. 

Snowcake Choco Banana (55k)
Yang kami incer sebenernya yang choco-greentea atau cheese. Cuma ternyata, waktu itu stoknya udah habis. Jadi daripada kami balik dengan tangan kosong, kami akhirnya beli yang choco banana ini. Aku masih penasaran, ini bakalan beneran enak banget sampai seheboh itu atau cuma hits karena yang punya artis sih.

First impression. Packaging-nya sederhana tapi kekinian. Nggak ada desain yang neko-neko, cuma foto snowcake dan tulisan Surabaya SnowCake aja. Kemudian ada logo halal-nya juga. Jadi kalau mau makan cake ini, nggak perlu bertanya-tanya lagi apa ada bahan yang nggak halal apa nggak.

Waktu kotaknya dibuka, yang kelihatan pertama adalah taburan gula halus di atasnya. Entah memang taburan gulanya nggak banyak banget atau sudah rontok, tapi ada beberapa bagian yang nggak ketutup sama taburan gulanya. Well, it’s oke sih, nggak yang crucial banget menurutku.

Di dalam kotaknya disediakan pisau plastik yang bisa dipake buat motong. Cuma karena rada nggak telaten dan ngerasa rada ribet waktu motong pake pisau plastik itu, akhirnya aku potong pake pisau dapur. Kayaknya pisau ini baru bermanfaat kalau nggak ada pisau beneran yang bisa dipake, misalnya kayak pas waktu lagi traveling dan nggak bawa pisau. Ini pendapat pribadi sih. Soalnya aku orangnya suka rada kurang telaten gitu loh. Bisa jadi orang lain ngerasa fain-fain aja waktu motong pakai pisau plastik nya.

Bentuk snowcake-nya sendiri ada spiku di tengah dengan pastry di luarnya. Tumpukannya cukup tinggi, jadi wajar aja kalau ada beberapa review yang bilang kalau makannya jadi rada susah. Mau dimasukin semuanya atas sampai bawah, nggak muat di mulut; tapi mau dipotong rada kecil juga jadi berantakan dan nggak bisa full ngerasain semuanya sekaligus. Kalau aku sendiri sih, karena mulut aku gede, jadi masih bisa ngegigit atas-bawahnya full. Tapi ya gitu, puff pastry-nya bakal rontok berantakan kemana-mana. Jadi lebih baik waktu ngegigit, bawahnya sambil pegang tisu atau piring biar rontokannya nggak kececeran.

Soal rasa, dengan varian choco-banana, aku justru nggak terlalu ngerasain dimana rasa pisangnya. Ada, tapi nggak terlalu kuat gitu loh maksudnya. Cuma ada aromanya tipis-tipis, jadi rasa pisangnya sendiri kurang nendang. Lebih dominan di coklatnya. CMIIW ya kalau ada yang kurang setuju sama pendapatku :)




But overall, snowcake choco-banana ini enak. Iya, enak. Udah gitu aja. Enak doang. Nggak yang enak banget. Jadi kalau untuk beli lagi, kayaknya aku masih mikir-mikir deh. Apalagi kalau harus antri panjang yaa. Duh enggak deh. Meski masih penasaran sama yang choco-greentea dan cheese sih yaaa… #halah

Gitu sih kalau menurutku. Kalau menurut temenku, “Yg choco-greentea rasa pastryne kyk gajeh ngendal mamak. saya lbh suka yg cheese”. Nah, kalau kamu udah pernah nyobain yang varian apa? Menurut kamu gimana?
 


You Might Also Like

8 comments

  1. Choco Green Tea tapi aku kok nggak suka ya mbak sama rasanya, biasa banget. Apa lidahku yang nggak biasa makan makanan model gini? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... temenku juga ada yang bilang choco greentea gak terlalu enak sih. aku belum pernah nyoba malah :(

      Hapus
  2. hai mbak niya
    sama dong di bandung juga lagi heboh sama makuta-nya laudya c bella.
    ngantrinya boookk. ampun deh, dan rata2 pada ngaku kalau rasanya biasa2 aja. hahaha.
    aku sih belum nyobain ya, males ngantri gitu. paling nunggu taun depan kalau udah 'mereda' kepopulerannya.

    salam kenal sesama blogger perempuan, anyway :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak, salam kenal juga yaa :)

      yang makuta bandung model kuenya mirip-mirip kayak gini juga mbak?

      Hapus
  3. aku suka yg caramel
    kindly visit my blog : bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang caramel enak ya mbak?

      segera berkunjung balik ya mbak :)

      Hapus
  4. penasaran sama rasanya. Empuk gitu ya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. empuk banget sih enggak mbak, soalnya lapisan luarnya kan pastry kering gitu :)

      Hapus