Yang harus dicari tau saat survei sekolah anak

15.14


Aku mau sharing dikit tentang sekolah anak yaa. Siapa tau bisa berguna buat yang lagi galau nyari sekolah anak usia preschool.

Kalau aku, yang wajib dipertimbangkan dan dicari tau itu:

1. Biaya. Bukan cuma nominal uang masuk dan spp, tapi juga iuran/kas bulanan dll. Kadang kegiatan di luar sekolah, misal undangan ulang tahun teman si anak, itu juga kalo diitung-itung jatuhnya lumayan ga sih?

2. Metode di sekolah. Bisa juga sih ditanyain kira-kira nanti akan ada tugas (PR) dari sekolah nggak? Kalau ada, seperti apa? Jadi kalaupun ternyata ada PR dari sekolah, kita sebagai orang tuanya, siap mendampingi anak ngerjain PR nya. Jangan salah. Sekarang banyak kok sekolah yang kasih PR ke anak-anak preschool.

3. Value atau visi-misi sekolah. Kira-kira sejalan ga nih sama value keluarga kita? Bukan berarti yang satu jelek yang satu bagus. Tapi kadang kalau value atau visi-misinya nggak sama, kan jadi bikin bingung di tengah jalan. Misal, di sekolah diajarin nggak boleh tepuk tangan dan nyanyi. Tapi di rumah hobby nyanyi. nah apa nggak bingung tuh si anak?

4. Do & don't sekolah. Misal, di sekolah boleh ngerayain ulang tahun nggak? Boleh pakai jam tangan/perhiasan nggak buat anak perempuan? Anak boleh diantar sekolah sampai kelas atau hanya sampai gerbang sekolah?

5. Fasilitas sekolah. Maksudnya bukan berarti harus ada fasilitas ini itu yang macam-macam, tapi bisa juga bagaimana sekolah merawat fasilitas tersebut. Misalnya, kebersihan kamar mandi gimana? Anak dapat makan siang nggak di sekolah?

6. Setiap kelas maksimal ada berapa anak? Berapa pengajar tiap kelas? Kalau misalnya anak telat dijemput, ada pengajar/pihak sekolah yang bisa nemenin si anak dulu nggak sampai penjemput datang?

7. Pengajar berkenan nggak sharing dengan orang tua anak tentang perkembangan/kendala anak di sekolah/rumah?

8. Cara pihak sekolah/pengajar mengatasi problem si anak. Misalnya, kalau anak susah diam dan tidak mau ikut aturan di kelas apa tindakan pengajar/sekolah?

Aku dulu nanyain juga kalau misalnya, anak berantem/menyakiti temannya di sekolah, kira-kira gimana tindakan sekolah/pengajar?

Karena dulu pernah, waktu anakku di daycare yang lama, dia sempat dijudge "suka menyakiti" sama pengasuh di daycarenya. Jadi bukannya mencoba memahami kenapa si anak kayak gitu, tapi jatuhnya malah kayak terlalu menyudutkan dan menyalahkan anak, serta orang tua.

Disclaimer: aku tidak membenarkan tindakan anak yang menyakiti yaa. tapi ada banyak cara menghadapinya selain menyudutkan anak kan?

9. Ada jadwal sharing rutin nggak dari sekolah? Misal setiap akhir semester atau tiap beberapa bulan sekali.

Banyak nggak? hahahaha. Nggak sih kayanya. Ini masih cukup basic kok. Biasanya kalau nanya-nanya tentang sekolah, nanti akan muncul pertanyaan-pertanyaan lain sih. Atau kamu ada list pertanyaan waktu survei sekolah anak?

You Might Also Like

0 comments