Daycare VS Nanny (Versi Aku)

19.00

Daycare:

+ Pengasuhnya banyak, jadi bisa saling back up untuk ngawasi anak.

+ Banyak temen, jadi (mungkin) bagus untuk anak belajar sosialisasi.

+ Minim resiko terpapar gadget (hp/tv). Jadi nggak kuatir anak kecanduan gadget.

+ Ada jadwal harian, mulai dari circle time nyanyi bersama, belajar doa, juga stimulus sesuai usia.

+ Ada laporan harian tertulisnya. Kayanya kalo pakai nanny, jarang bisa gini yaa. Kecuali nanny yang ambil dari agen penyalur resmi yang udah dilatih kali yaa.

- Karena banyak anak, kadang ada kecolongannya anak bertengkar dengan temannya. Which mean sebenernya aku pribadi nggak terlalu nganggep ini masalah yaa, konflik itu normal. Yang kadang bikin bete, kalo orang tua anak lain (dan pengasuh --- yang seharusnya bertanggung jawab jagain anak) malah nyudutin ke kesalahan satu anak saja, padahal kadang kalau mau dirunut penyebabnya bisa aja sebenernya nggak sepenuhnya salah di satu anak.

- Makan & minumnya agak susah ngontrolnya. Di kasusku, karena aku ngerasain anakku susah makan kalo di rumah kayak yang pernah aku ceritain di postingan sebelumnya. Kalo gaada masalah makan sih kayanya poin ini nggak terlalu jadi masalah yaaa.

- Kadang barang anak ketuker/kebawa/ketinggalan. Buat aku pribadi ini sebenernya nggak terlalu masalah juga sih. Karena selama ini nggak pernah ada kejadian yang gimana-gimana juga. Yaahh masih wajar aja lah namanya juga banyak orang. Kalau ketuker atau kebawa, besoknya bisa dikembalikan.

- Lebih gampang tertular sakit dari anak lain. 


Nanny:

+ Fokus momong ke anak kita. Karena yaa cuma momong anak kita, gaada anak lain.

+ Udah biasa handling anak kecil. 

+ Karena anakku makannya agak repot, jadi lebih gampang dikontrol karena pengasuhnya cuma momong anakku.  Kapan hari pernah aku bawain bekal tanpa kuah sayur, kata emak pengasuh, anakku makannya kurang minat. Lalu mau dibelikan bakso, tapi pikirnya kok banyak micinnya nanti, jadi sama beliau akhirnya dibikinin kuah sayur asem. Langsung lahap makannya ya allah. Terharu sekaligus seneng dong aku punya emak pengasuh yang segitunya mau effort demi anakku 💕💕💕

+ Karena anakku yang ke rumah nanny dan masih satu lingkungan sama aku, jadi ada positifnya juga, anak lebih "kenal" dengan tetangga/lingkungan dekat rumah. Cukup aku aja yang jarang bertetangga, anakku jangan. LOL.

+ Waktunya lebih fleksibel. Kalo aku jemputnya telat, lebih nggak terlalu buru-buru ngejar waktu.

+ Lebih dekat rumah, jadi suamiku antar jemputnya lebih gampang. Kadang orang tuaku kalo lagi nggak repot, mereka yang jemput anakku dibawa ke rumah beliau.

- Harus pinter cari yang udah pengalaman handle anak, sabar, komunikatif, baik, nggak jorok, telaten dan mau "dengerin" petunjuk kita.

- Kalo pengasuhnya demen hp-an pas jagain anak, kayanya akan kurang bagus yaa buat anak. Apalagi kalo sengaja ngasih tontonan ke anak. Pengasuh anakku untungnya bukan yang suka hp-an gitu sih, karena sudah lumayan sepuh juga jadi hp juga punya anak/cucunya.

- Ada resiko momongnya sambil disambi ngerjain kerjaan rumah, apalagi kalau momongnya di rumah pengasuh yang kita nggak bisa beneran awasin pakai CCTV atau semacamnya. Tapi kayanya selama masih wajar, nggak berlebihan diabaikan, nggak terlalu bermasalah yaa? Iya nggak sih?

- Kalo nanny-nya tinggal serumah sama kita, ada resiko anak akan lebih dekat dengan nanny dibanding dengan kita orang tuanya. Tapi yaaa, enaknya jadi ada selain pasangan, ada orang lain yang juga ikut bantuin momong anak sepulang kita kerja.

- Karena nggak ada jadwal belajar dari pengasuhnya, jadi kita sendiri yang harus "pinter" stimulus si anak pas lagi di rumah.

- Nggak ada pengasuh/orang lain yang bisa bantuin back-up. 


You Might Also Like

0 comments