Toilet training

09.35


Aku mau cerita soal Toilet Training anak pertamaku. Untuk catatan, anakku sekarang usianya 3 tahun yaaa! Harus aku akui dulu, sebenernya Toilet Training di usia 3 tahun, menurutku, itu terlambat-terlambat-nggak terlambat sih. wkwkwk gimana yaaaa, iya terlambat, tapi ya masih gapapa, masih nggak yang telat banget, masih yang bisa dimaklumi, tapi sebenernya bisa dimulai dari dulu-dulu sekali. LOL apasih.

Jadi sebenernya aku dulu udah berniat memulai Toilet Training pas anakku usia sekitar 1,5 tahun. Dimulai dari beliin dia buku tentang Toilet Training buat sounding, sama ngasih-ngasih tau kalau buang air itu harus di kamar mandi/toilet bukan di popok.

Tapi ya gituuu cuma sebatas sounding-sounding ngasih tau ringan sambil lalu lah. Nggak yang serius dan tertarget banget kapan harus beres. Dari akunya sih sebenernya yang belum terlalu siap menghadapi kerempongan dan drama-drama ngompol. Jadi yaaa aku cuma sounding-sounding aja tapi belom nerapin banget bangettt. Apalagi waktu itu udah mulai hamil anak kedua. aku menjaga kewarasan aja agar tidak stres dan capek 🤣 

Long story short, anak keduaku lahir dan aku makin rempong ngurusin duo bocil. Jadi niat toilet training semakin tertunda. bahkan sempat terlupakan ding wkwkwk goblik emang aku nih 🤣 itu aku inget lagi kalau harus Toilet Training tuh karena ada temen sekelasnya anakku yang udah nggak pakai popok ke sekolah. Jadi keinget oiya toilet training LOL. Yaudah akhirnya memantapkan hati, okeh ayo kita serius memulai toilet training kali ini! 💪🏻 

Jadi akhirnya memulai toilet training sungguhan baru pas ini anak mau masuk usia 3 tahun. Tapi enaknyaaa karena anaknya udah lumayan gede, jadi dia udah lebih ngerti kalau mau buang air tuh rasanya gimana. Udah pahamlah tanda-tandanya. Jadi dia dengan gampang akan bilang ke aku/orang dewasa di dekatnya kalau dia mau buang air. Itu juga dari jauh sebelumnya dia udah sering bilang kalau mau buang air besar. Jadi sangat jarang ada drama dia buang air besar/kecil di celana. Sangat jarang ya bukan ga pernah. 

Itu yaaa aku mulai toilet training tuh progressnya sangat-sangat pelan. Awalnya aku cuma nggak pakein dia popok kalo lagi di rumah doang sama aku. Kalo pergi, tidur atau sekolah, masih aku pake-pakein popok. Bukan dari anaknya, tapi sekali lagi dari akunya yang belom siap. Iyaaa aku tau kok ini salah bangettt sebenernyaaa

Nah untungnya di ceritaku ini, anakku “lebih berani maju” daripada aku. Dia yang ngerengek mau sekolah nggak pakai popok. Dia juga yang ngerengek kalau tidur nggak mau pakai popok. Pokoknya dia ngerasa udah besar udah ngerti udah bisa hidup tanpa popok. Meanwhile, aku, suami dan orang-orang dewasa lain di sekitarnya (kayak adikku dan orang tuaku) masih belum terlalu yakin dan percaya kalau nih anak memang sudah bisa tanpa popok. Masih ada kekhawatiran kalau-kalau nanti nih anak akan buang air kecil/besar di celana. Padahal ya namanya juga lagi belajar yak, wajar wajar aja kalau belum terlalu lancar. Harusnya masa-masa kayak gini ini kan kita makin nyemangatin dia yak, bukan kadang malah nge-down-in.

Waktu pertama kalinya banget ke sekolah nggak pakai popok, nih anak bener-bener nggak mau buang air di toilet ditemenin ustadzahnya loh. Padahal udah ditawarin sama ustadzahnya juga berkali-kali. Tapi dia keukeuh gamau. Sampe akhirnya dia ngompol dan harus diganti 2x pakai celana inventaris sekolah 🤭🤣 Di sini aku juga baru tau kalo sekolah punya celana inventaris buat keadaan-keadaan darurat kayak gini. Enak yaaa?

Tapi itu cuma kejadian 1 hari itu aja sih. Besokannya anakku udah mau bilang ke ustadzahnya kalau mau buang air. Di tasnya selalu kubawain celana dalam, celana panjang dan popok cadangan. Tapi alhamdulillah selalu aman ☺️

step 1 nggak pakai popok di rumah ✅

step 2 nggak pakai popok ke sekolah ✅

step 3 nggak pakai popok kalau bepergian (kondisional tergantung moodku 🤣) 

step 4 dan menurutku yang paling sulit: nggak pakai popok saat tidur malam

Waahhh sumpahhh itu yaaa mau naik ke step 4, aku bingung harus gimana memulainya. kesiapan mentalku tolongggg.

Ini juga lagi-lagi anaknya ngerengek mulu minta tidur nggak pakai popok. Lah kalau tidur siang kan cuma bentar yaa, paling 2 jam udah bangun. Jadi masih aman, nggak ngompol. Tapi kan kalo tidur malam lama bangettttt. GIMANA CARANYA BIAR BISA TIDUR TENANG DAN NYENYAK TANPA DRAMA DAN BANGUN TANPA NGOMPOL COBAAAAAA GIMANAAAA AAKKKKK???

Tapi yaaaa emang we never know until we try kan? Jadi yaaa mau gimana lagi kalo nggak dicoba jalanin ajaaaa. Omaygattt aku dan overthinking kuuuu.

Pertama kali nyobain tidur malam nggak pakai popok. mau tidur udah buang air. tempat dia tidur aku alasin perlak kecil. Aku sounding ratusan kali kalau mau buang air harus bangun dan buang air di kamar mandi.

Anaknya udah tidur, aku ngga bisa tidur. Tegang. Perlak kecil ini gampang kegeser. Apalagi anakku kalau tidur bisa sambil salto kemana-mana.

2 jam pertama terlewati.

1 jam kemudian, anakku tiba-tiba kebangun dengan ekspresi kaget. Aku di sampingnya ikut kaget dongggg. Waahh mimpi buruk apa gimana nih? Pas aku lirik celananya, ternyata sedikit basah. Yaahhh dia ngompol sampe kebangun kaget. Kasian yaakkk :( Abis itu dipakein popok aja biar aku juga bisa tidur tenang. Besok coba lagi tanpa popok.

Besokannya dicoba lagi. pipis dulu sebelum bobok dan pake alas perlak. 3 jam tidur, belum ada tanda-tanda pipis. Okeee sebelum terjadi hal yang sama, kita coba bangunin aja nih anak, kita ajak pipis ke kamar mandi. Berhasil. Tapi anaknya nangis heboh 🤣🤣 🤣

Malam berikutnya anaknya dibujuk biar mau pakai popok pas tidur. Biar aku bisa tidur nyenyak. Nggak ngantuk di kantor, nggak sakit kepala. Awalnya menolak dengan keras, tapi endingnya berhasil. Maaf ya nakkk demi kebaikan bersama 🤣

Setelah beberapa hari, dia kembali ngotot minta tidur nggak pakai popok. Apalagi kemarin malamnya dia berhasil nggak pipis sama sekali di popok. Hemmm yaudahlah oke mari kita coba lagi.

Tidur nggak pakai popok.

Beberapa kali sempat kubangunin, kutawarin untuk pipis di kamar mandi tapi dia menolak dan kembali tidur. Semalaman aku nggak bisa tidur nyenyak. Begitu tau posisi perlaknya kegeser dikit aja, aku udah langsung panik benerin. Gitu aja semaleman. Sampai akhirnya pagi hari dia bangun dengan bahagia dan bangga karena nggak ngompol sama sekali. Wow dia berhasil!

Lalu karena ada pengalaman berhasil, besokannya dia udah gamau lagi tidur pakai popok. Sampai akhirnya yaudah keterusan nggak pakai popok. Wowowo ku tak percaya dia melewati tahap ini.

Kadang yaaa memang kita nih orang dewasa terlalu meremehkan anak. Nggak percaya sama anak. Padahal jadi dewasa nggak selalu yang paling tau. Jadi dewasa harusnya lebih bisa percaya dan support anak ya kan? Kudu nampol diri sendiri emang kadang-kadang 🙃

Balik ke konteks toilet training anakku, kusimpulkan sebenernya dia udah bisa nggak pakai popok. Udah tau kalau buang air harus ke mana. Cuma kadang di momen tertentu, dia lebih baik (menurutku) pakai popok aja dulu, kayak misalnya bepergian takut macet di jalan.

Nah nyebelinnya, saat sadar kalau dia lagi pake popok, dia bisa lho buang air besar/kecil seenaknya di popok gitu ajaaaa. Meski sebenernya dia bisa bilang kalau mau buang air, tapi dia memilih nggak melakukannya donggggg kan nyebelinnn 😌

Pinginku kan mau pakai popok/tidak, kalau mau buang air ya bilang dulu gitu lhooooo

Tapi nih anak emang kadang suka bikin gemes 🙂

You Might Also Like

0 comments