Jalan-Jalan Hemat dan Seru di Destinasi Wisata Tersembunyi Kota Pahlawan

16.10

Identik sebagai kota metropolitan yang gemerlap tidak lantas membuat Surabaya kehilangan tempat wisata seru selain pusat perbelanjaan mewah dong. Di tengah kencangnya arus modernitas yang berhembus di Kota Pahlawan, ada beberapa titik cantik, alami, dan fotogenik yang masih belum banyak diketahui keberadaannya loh, rek.

Lantas, apa saja tempat wisata di Surabaya yang belum banyak diketahui dan layak untuk dikunjungi?

Taman Harmoni 
sumber: wikipedia



Saat mendengar hutan bambu, imaji kalian mungkin akan langsung menampilkan visual hutan bambu yang ada di Arashiyama, Jepang. Ya kan? Destinasi wisata alam yang berada di Kyoto itu memang terbukti sangat impresif sih. 

Namun jika belum kesampaian mengunjungi Negeri Sakura, kalian bisa mengunjungi replikanya di Surabaya. Di Taman Harmoni, kalian bisa berjalan di antara pepohonan bambu dan berburu potret apik yang mengesankan sekaligus instagrammable. Selain itu, cantiknya tanaman yang ditata sedemikian rapi dan proporsional juga akan memanjakan mata kalian, guys.

Beberapa orang menyebut lokasi ini dengan sebutan Hutan Bambu Keputih. Pasalnya, lokasi tempat wisata ini berada di samping terminal angkot Keputih, Sukolilo. Yang menarik, dulunya taman ini merupakan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun di bawah pemerintahan Walikota Risma, tempat ini disulap menjadi sebuah taman yang manis.

Kalau kalian penasaran, aku juga pernah update photo session ala-ala ku di sini.

Hutan Mangrove Wonorejo





Satu lagi pusat oksigen cantik yang dapat menjadi alternatif berlindung dari teriknya Surabaya: hutan mangrove Wonorejo. Lokasinya yang berada dekat dengan pusat keramaian membuat Hutan Mangrove Wonorejo mudah untuk ditemukan. Ruang hijau ini beralamat di kawasan industri Rungkut yang terkenal, tepatnya di Jalan Raya Wonorejo. 

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu hutan mangrove terbesar yang ada di Provinsi Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, luas hutan ini mencapai 200 hektare loh! Fasilitas dan penataan tempat wisata ini pun tertata berkat adanya campur tangan pemerintah dalam pengelolaannya. 

Seperti layaknya hutan mangrove, Hutan Mangrove Wonorejo menyuguhkan suasana yang rindang, sejuk, dan romantis. Kalian akan menyusuri hutan di atas dek yang terbuat dari papan-papan kayu yang khas. Selain itu, kalian juga mungkin akan menemukan beberapa fauna di tengah eksplorasi. Pasalnya, Hutan Mangrover Wonorejo juga difungsikan sebagai habitat 30 ekor spesies fauna yang dilindungi, sepeti kera ekor panjang lho.

Untuk menuju Hutan Mangrove Wonorejo, kalian bisa gunakan petunjuk maps ini deh.

Hutan Mangrove Gunung Anyar
Sumber: travelingyuk.com
Menariknya, ibu kota Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya memiliki sebuah kawasan hutan mangrove yang asri. Berada lebih selatan dari Wonorejo, kalian akan mendapati kawasan bakau yang lebih alami dan sepi.

Hutan Mangrove Gunung Anyar juga sudah dikelola oleh pemerintah meski belum sepenuhnya serapi dan selengkap hutan serupa di Wonorejo. Kendati demikian, fasilitas dasar seperti jembatan dari susunan papan kayu sudah dibangun di antara bakau-bakau hijau yang memagari sisi kanan dan kiri. Sarana ini juga cukup panjang, sehingga kalian akan puas menyusuri hutan.

Yang menjadi keunggulan lain dari kawasan ini adalah fasilitas berkeliling dengan perahu nelayan. Dengan membayar sekitar Rp50.000,00 kalian dapat membelah cantikya hutan mangrove di atas perairan hingga ke pesisir pantai dan terus ke laut.

Seru, bukan? Dibandingkan harus wisata ke tempat belanja yang berpotensi membuat kalian menjadi kian konsumtif, mengunjungi tempat-tempat ini tentu lebih menyegarkan dan hemat.

Agar lebih hemat, kalian yang berasal dari luar kota juga harus selektif memilih akomodasi untuk menginap. Di tengah tingginya tarif penginapan di kota sebesar Surabaya, pilih akomodasi yang murah dan nyaman seperti Airy Rooms.

Kualitas pelayanan dan fasilitas di hotel Airy Rooms tidak akan mengecewakan meski ditawarkan dengan harga yang rendah. Kalian tetap dapat bersantai di kamar dengan tempat tidur yang bersih dilengkapi AC, televisi layar datar, koneksi internet gratis, dan air minum. Perlengkapan mandi dan shower air hangat juga lengkap tersedia.


Kalian bisa mencari hotel murah di Surabaya melalui website atau aplikasi Airy Rooms di ponsel dengan platform Android maupun iOS. Cukup dari sentuhan jari, buat perjalanan kalian di tempat-tempat tersembunyi Surabaya menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

You Might Also Like

0 comments