Perpustakaan Umum Kota Surabaya

19.07



Aku berjalan menyusuri rak-rak perpustakaan. Buku-buku tersebut memunggungiku. Tak seperti manusia yang ingin berjarak denganku, buku-buku itu malah menawarkan diri untuk memperkenalkan diri mereka. Bermeter-meter jajaran buku yang yang tak akan pernah mampu kubaca. Dan aku tahu; apa yang ada disini adalah kehidupan yang merupakan pelengkap kehidupanku, yang menanti untuk dimanfaatkan. Tetapi hari-hari berlalu, dan kesempatan itu tetap tak tergapai----terabaikan. Salah satu buku ini mungkin benar-benar bisa mengubah hidupku. Siapakah aku sekarang? Siapakah sebenarnya aku? ― Jostein GaarderPerpustakaan Ajaib Bibbi Bokken


Perpustakaan. Iya jadi kali ini aku mau cerita pencitraan dikitlah tentang salah satu tempat yang recommended buat dikunjungi di Surabaya. Perpustakaan Umum Kota Surabaya.

Letaknya di tengah kota, berdekatan dengan Balai Kota, tepatnya di lingkungan gedung Balai Pemuda, Surabaya. Bersebrangan dengan kedai es krim Zangrandi yang terkenal, dengan alamat lengkap Jl. Gubernur Suryo No 15, Genteng, Surabaya.

Meski koleksi bukunya terbilang tidak terlalu banyak dan lengkap, tapi bisa dibilang lumayan cukup membantu loh buat cari-cari referensi atau buku bacaan. Apalagi suasana tempatnya yang nyaman, bersih dan ber-AC. Aku sih suka banget main-main kesini. Sekedar nyari-nyari buku atau duduk-duduk iseng sambil ngebunuh waktu.

Beberapa foto suasana Perpustakaan Umum Kota Surabaya...



di tengah ruangan ada beberapa komputer yang bisa digunakan. sofa biru yang disitu juga empuk dan nyaman banget. tempat favoritnya temanku banget kalo kesini :))



Buat yang bukan warga Surabaya (bukan KTP Surabaya), nggak perlu kuatir kalau mau kesini. Tenang aja, siapapun boleh kok masuk kesini. Cuma untuk pinjam buku memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Buat yang punya KTP Surabaya, cukup nyerahin fotocopy KTP sebanyak 2 lembar dan ngisi form pendaftaran buat bikin kartu anggota. Kartu anggota itulah yang nantinya bisa dipakai buat pinjam buku. 

Nah... buat yang KTP Non-Surabaya, kurang lebih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:
1. Fotocopy KTP 2 lembar
2. Ngisi form pendaftaran
3. Membayar deposit sebesar Rp 100.000,-
Uang deposit ini buat jaminan aja sih. Nanti kalau mau berhenti jadi anggota uangnya dibalikin kok.
4. Minimal durasi keanggotaan selama 3 bulan

Udah gitu doang. Gampang kan? ^^

Notes: Maksimal 2 buku ya sekali pinjam! :)

disini nih kalau mau bikin KTA
Perpustakaan Umum Kota Surabaya ini buka tiap hari sampai pukul 21.00 WIB loh. Seingatku sih cuma libur di hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Natal.

You Might Also Like

0 comments